Senin, 04 Mei 2009

Pembuangan Udara Panas di Ruang Mesin

Pernah lihat mobil dengan kap mesin yang agak menganga? Itu bukan untuk gaya-gayaan, tapi lebih kepada fungsinya untuk lebih cepat mengeluarkan udara panas yang ada di ruang mesin.

Dalam keadaan standar, udara panas di ruang mesin dibuang lewat bawah bodi, dan sebagian memanfaatkan kap mesin itu sendiri seperti "Heatsink" di peralatan elektonik. Untuk itu, sebaiknya tidak memberikan peredam panas pada bagian dalam kap mesin. Kalau untuk daerah eropa, peredam panas ini sangat diperlukan untuk menjaga suhu agar tetap hangat di ruang mesin. Tapi ini tidak berlaku di Indonesia.

Dengan usaha yang minim, kap mutem dibuat menganga. Cukup dengan mengganti baut (10) 4 buah dengan yang lebih panjang, lalu tambahkan spacer antara kap dengan engsel, pakai mur ukuran 14 sudah cukup.