Jumat, 25 Februari 2011

Bersih-bersih Sisa Aspal

Banyak produk yang dijual di pasaran untuk membersihkan sisa-sisa aspal (berbentuk bintik2 kasar) yang menempel di body kendaraan bagian bawah atau depan.
Jika tidak menemukan salah satu produk itu, bisa dengan produk lokal bermerk "Minyak Tanah". Ternyata cukup ampuh. Cukup oleskan, dan gosok2 tapi jangan terlalu ditekan. Hanya setelah pemakaian, body harus dicuci yang bersih dengan sabun.
Selamat mencoba.

Thanks to oom Indra Speedymun

Selasa, 22 Februari 2011

Shock Kap Mesin


Senin, 21 Februari 2011

Ban - Velg (15")

Standar karimun (klasik):
Ring 13"
Lebar 4½"
PCD 100
ET/Offset +45

Saat naik ke ukuran 15" dengan PCD 100, harap perhatikan:
1. lebar velg
2. offset
3. ukuran ban

Ban 15" yang tersedia di pasaran:
1. 165/50/15 (kumho)
2. 175/55/15 (kumho)
3. 185/55/15 (banyak merk)
4. 195/45/15 (Toyo, Accelera)

Ukuran velg (maksimal) yang bisa dipakai lebar 6" offset 45.
Lebar 6" dengan offset lebih kecil dari 45 beresiko keluar body.
Offset lebih besar dari 45, misal 50, mentok sisi dalam fender.
Untuk 6" offset 45, bibir fender belakang sebaiknya dilipat. Kalau tidak, bibir fender bisa mengiris sisi samping ban.
Disarankan untuk memakai velg dengan lebar 5½" offset 45.

Ban - Velg
165/50/15 lebar ideal velg 4½"-5", masih bisa sampai 5½"
175/55/15 ideal untuk velg dengan lebar maksimal 5-5½"
185/55/15 ideal untuk velg lebar 5½-6"
195/45/15 ideal untuk velg lebar 6-6½"


Konfigurasi Per - S/A

Belakang

A1. Per Standar - S/A Kayaba Excel G - Damper

Paduan paling enak untuk muatan 1-2 orang. Sampai 4 orang, masih mumpuni.

A2. Per Escudo - S/A Standar
Cocok untuk muatan 4 orang. Kalau sering dimuati hanya 1-2 orang, saat lewati polisi tidur agak cepat, bantingan terasa keras.

A3. Per Escudo - S/A Excel G
tidak disarankan, makin keras dari no. A2.

A4. Per Civic - S/A Standar


Enak untuk bawa muatan berat sekali.
Tapi untuk harian, muatan 1-2 orang, sangat tidak nyaman.

Depan

B1. Per Standar - S/A Standar - Damper

Alternatif yang lebih mudah dan murah dibanding B2.
* pemasangan damper depan, sebaiknya mentok atas per,
untuk menghidari beradu dengan karet boot s/a dengan damper.



B2. Per Standar - S/A Excel G
Hasilnya sedikit lebih stabil di tikungan dibanding B1. Plus tidak beresiko karet boot rusak karena beradu dengan damper (B1).

Rabu, 16 Februari 2011

Hilangkan Baret Dalam 2 Menit

Untungnya punya mobil berwarna hitam solid, jika ada baret (bukan penyok) tinggal cari stiker hitam seperlunya, tempel, tidak terlihat baretnya lagi.



Senin, 07 Februari 2011

Karimun Cab