Selasa, 26 Mei 2009

Pemanfaatan Ruang di Karimun




Selasa, 19 Mei 2009

Bantalan Kaca Karimun

Dengan berjalannya waktu, kondisi karet-karet akan melemah. Contohnya pada bantalan kaca depan Karimun. Pada saat kaca diturunkan kemudian pintu ditutup, akan terdengar bunyi kasar. "Brak". Kemungkinan ini berasal dari bantalan kaca yang sudah kempes, sehingga tidak menahan kaca dari getaran.
Dengan cara ini mudah-mudahan dapat mengurangi bunyi kasar tadi.


Mudah-mudahan bermanfaat.

Pelumasan Kabel Kopling

Beri plastik pada satu ujungnya, ikat dengan karet gelang.
Masukkan oli secukupnya.
Gerak-gerakan kabelnya supaya oli dapat mengalir masuk.

Jumat, 15 Mei 2009

Pasang kabel melalui celah2

Seringkali saya menemui kesulitan pada saat akan memasang kabel (baru/tambahan) melalui celah-celah di rangka mobil, karena tempat yang sempit tidak terjangkau tangan, belum lagi posisi lubang yang satu tidak satu garis. Untuk itu saya memakai satu cara,
masukkan slang ke celah2 dimana kabel (baru/tambahan) akan lewat.
Masukkan kabel ke dalam slang, setelah selesai, cabut slang, dan hupla... kabel terpasang. Mudah kan?

Selasa, 12 Mei 2009

Open Air Filter


Sabtu, 09 Mei 2009

Jika Pintu Tangki Bensin Karimun Macet

Cara Membuka tutup tangki bensin karimun jika macet.

Congkel Cover Body bagian belakang (3 foto atas). Tidak perlu dilepas, cukup direnggangkan.
Geser tombol kecil ke arah belakang, klik... terbukalah penutup tangki bensin... gampang kan? Semoga membantu.


Jika cover body bagian belakang dibuka (dilepas) akan terlihat seperti foto di bawah.

Engine Detailing di Meguairs (Autoworks)




Rabu, 06 Mei 2009

Biaya Berobat Mutem 6 Mei 2009

Bahan:

Seal As Roda (yang menempel pada gearbox) (SGP) 2 buah Rp. 80.000
Gear Shift Seal (SGP) 1 buah Rp. 40.000
Paking Karter (Indomobil) Rp. 17.000
Sealent ThreeBond Rp. 13.000

Biaya:

Las & Bikin Ulir Karter Rp. 50.000
Ganti Arang Radiator Fan Rp. 60.000
Service Radiator Rp. 80.000
Biaya Bongkar Pasang Rp. 350.000

Ganti Gear Shift Seal

Untuk mengganti barang ini, huh, cukup merepotkan. Gearbox harus turun, kemudian...

...dibelah!

Setelah dibelah, baut pengunci kedua tuas dilepas,

baru tuas yang berada di luar gearbox dapat dilepas.

Hal yang sangat aneh, mengapa untuk mengganti seal seharga Rp. 40.000,- harus membongkar komponen "besar". Mengapa tidak dibuatkan "joint" antara batang tuas dengan silinder itu? (tanda panah foto di atas)

Ini bentuk kedua tuas saat disatukan.

Ganti Arang Fan Radiator


Biaya penggantian Arang ini (4 buah) Rp. 60.000. Belum termasuk ongkos bongkar-pasang fan.

Senin, 04 Mei 2009

Copot Sein Samping Karimun


Buka mur (3 buah) di Front Fender Lining (plastik tutup fender) yang ditandai panah di foto atas.

Setelah mur terlepas, renggangkan plastik tersebut (foto atas).

Bagian dalam fender (foto atas), tekan pengunci rumah sein (tanda panah), lalu dorong keluar.Pengunci rumah sein (panah).


Untuk sein kanan, lebih mudah, hanya butuh penggaris besi (30cm).Selipkan penggaris dicelah pintu, dorong pengunci rumah sein.Penggaris besi (panah atas)

Filter Bensin Karimun


Filter bensin Karimun berada di dalam tangki bensin, menyatu dengan pompa bensin, bentuknya seperti paruh bebek. Bahannya dari plastik, cukup kuat. Rasanya jauh dari kemungkinan rusak.

Pengaman Tutup Radiator


Suatu pagi, saat isi radiator, lupa menutup lagi. Tutup tergeletak diatas filter udara. Tutup kap mesin lalu jalan. Setelah jalan sekitar 30 menit, kok mesin jadi aneh. Sempat mati 2 kali. Lalu mobil berhenti dan buka kap mesin, ternyata radiator kosong-song, karena radiator tidak ditutup, dan yah, pasti jatuh dijalan. Terpaksa beli dulu. Untuk menghindari kehilangan untuk kedua kalinya, tutup radiator diberi tali berupa kawat baja bekas rem sepeda. Dilubangi sedikit.
Seandainya lupa lagi menutup radiator, tutupnya tidak akan hilang.

Pembuangan Udara Panas di Ruang Mesin

Pernah lihat mobil dengan kap mesin yang agak menganga? Itu bukan untuk gaya-gayaan, tapi lebih kepada fungsinya untuk lebih cepat mengeluarkan udara panas yang ada di ruang mesin.

Dalam keadaan standar, udara panas di ruang mesin dibuang lewat bawah bodi, dan sebagian memanfaatkan kap mesin itu sendiri seperti "Heatsink" di peralatan elektonik. Untuk itu, sebaiknya tidak memberikan peredam panas pada bagian dalam kap mesin. Kalau untuk daerah eropa, peredam panas ini sangat diperlukan untuk menjaga suhu agar tetap hangat di ruang mesin. Tapi ini tidak berlaku di Indonesia.

Dengan usaha yang minim, kap mutem dibuat menganga. Cukup dengan mengganti baut (10) 4 buah dengan yang lebih panjang, lalu tambahkan spacer antara kap dengan engsel, pakai mur ukuran 14 sudah cukup.